Selasa, 17 November 2009

taman kota palangkaraya


Taman Perjuangan di Kota Palangka Raya


Suasana kota yang panas terobati saat melintas di suatu taman di kota Palangka Raya. Kerapihan, kebersihan dan kerindangan di pinggiran taman, menarik hati untuk mampir ke taman tersebut untuk beristirahat dan bersantai sejenak.

Taman Kota atau Taman Perjuangan, demikian biasanya taman itu disebut. Lokasinya ada di pusat kota, dekat dengan kantor gubernur propinsi Kalimantan Tengah.

Bukan hanya kerapihan dan kebersihan taman saja yang menarik, namun keunikan lain adalah adanya relief-relief kronologis perjuangan bangsa Indonesia, semenjak Kebangkitan Nasional, 20 Mei 1908 sampai kepada pembangunan lima tahun.


Taman ini memang pas disebut Taman Perjuangan, untuk mengingatkan masyarakat adanya perjuangan yang dilakukan oleh para pendahulu kita, untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Yang menarik saat melihat relief Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928. Dalam relief tersebut terlihat 5 orang yang bersama-sama bepergangan sambil mengangkat tangan, dengan jenis pakaian yang berbeda yang menggambarkan keanekaragaman suku dan budaya Indonesia, namun tetap disatukan dalam Negara kesatuan Republik Indonesia. Bertanah air satu, Berbangsa satu, dan Berbahasa satu, Indonesia.

Jadi saat Anda mengunjungi kota Palangka Raya, silakan mampir ke Taman Perjuangan ini. Sambil bersantai sejenak, Anda pun dapat mengingat kembali perjuangan yang telah dilakukan yang menghasilkan kemerdekaan bagi bangsa kita hingga saat ini.


http://vibizlife.com/

Tidak ada komentar: