pelatihan manasik Haji

SMAN 1 Muara Teweh

UM PALANGKARAYA

pelantikan Rektor

PPL II

SDN 10 Langkai

ganteng

saudaraku

Bakso Patria

Muara Teweh Barito utara

Kuda Lumping

Wonorejo Muara Teweh

Jumat, 02 Oktober 2009

CATATAN DISKUSI

Layanan dalam pendidikan:
- administrasi pendidikan
contohnya: bagaimana cara mengelola sekolah, peran guru, pengelolaan, absent guru
- intruktional
contohnya: kurikulum= materi, wawasan, tujuan belajar, menyajikan metode/strategi, cara memotivasi.
- Bantuan
Contohnya: masalah belajar, mencari sumber penyebab, apatis(takut bila ditanya)




Belajar adalah untuk mendapatkan ilmu dan informasi, hidup dan belajar. Longchild hood(1974). Life long education (belajar seumur hidup).
Tiga faktor utama penyebab perubahan:
- perkembangan iptek
- kependudukan
- lingkungan hidup
evaluasi
1. bagaimana cara evaluasi yang baik sesuai dengan penerapannya?
2. apa contoh evaluasi yang baik dan bagaimana cara penerapannya?
3. bagaimana penerapan metode dalam evaluasi dengan baik?

Evaluasi pembelajaran
Hal yang perlu diperhatikan melakukan evaluasi yaitu:
1. merumuskan denifi evaluasi
2. informasi yang diinginkan
3. menulis butir soal
4. mengolah hasil evaluasi dan analisis
5. soal yang baik yaitu PG dilihat dari tingkat kesulitan. Dominan soal digunakan sesuai uraian
manejemen kelas
1. cara penilaian yang efektif meenejerial serta contoh penilaian yang efektif manejerial?
2. pendekatan otoriter guru berperan sebagai pengendalian perilaku peserta didik untuk dapat mematuhi aturan dalam diskusi?
3. jelaskan maksud dari pendekatan otoriter?
4. apakah pendekatan fluralistik dapat dikembangkan lebih baik?
5. langkah-langkah strategi manegerial?
6. maksud dari pembelajaran yang efektif dan efesien dan bagaimana contohnya?
7. bagaimana bentuk kegiatan belajar bagi guru supaya terjadi perubahan peserta didik?


ILMU KEALAMAN DASAR

a. perkembangan penalaran manusia sampai metode ilmiah

- perkembangan alam pikiran
ingin tahu : sesuatu ha yang ingin diketahui.
Instinct terpusat pada suatu hal saja mempertahankan hidup ( perlu makanan ) melindungi diri dan berkembang biak. Manusia juga memiliki instinct dan kelebihan triolis : kelebihan berpikir. Manusia rasa ingin tahu.
Mitos : untuk memberikan jawaban karena pikiran/pengetahuan alat indra. Dari mitos menjadi legenda
- mitos, kepuasan dan ketidak kepuasan.
Babylonia
-tahun bidang eklitika
-tahun 365,25 hari






-ramalan nasib melalui bintang
Yunani
Ahli pikir thales ( 624-546 SM )
Ahli astronomi, matematika, teknik.ss
Unsur dasar alam semesta : air
Ahli pikir lainnya
- Anaximand (610-546 SM)
Alam semesta geoentris, menentukan titik balik matahari.
- aneximenes ( 560- 520SM)
pembentukkan benda air, jika padat menjadi tanah jika rengang menjadi api.
- herakleitos (560-470 SM)
api sebagai penyebab transmutasi.
Pythagoras
Unsur ada 4 : tanah, api, udara, air
Bidang matematika rumus :


Alam semesta : bumi berputar pada sumbunya
- demokritus (460-370 sm)
bagian benda terkecil = atom
- empedokles (480-430 sm)
selain empat unsur ada unsur pengikat (tarik-menarik) dan unsur pemisah(tolak-menolak).
- plato (427-347 sm)
plato tidak material, keanekaragaman yang nampak sebenarnya suatu duplikat dan immaterial.
Aristoteles ( 348-322 sm)
Ia membukukan inti sari pendapat orang-orang sebelumnya.
Membuang yang tidak masuk akal dan menambah menurut pendapatnya sendiri buku nya berupa insi klopedia pengetahuan masa itu
Ada unsur dasar yaitu ”HULE”
Zat tinggal tergantung kondisinya

udara

ajaran aristoteles yang penting pola berpikir dalam memperoleh kebenaran berdasarkan logika.
Ptolomeus (127-151 M)
Bumi sebagai pusat jagat raya, bintang2 menempel dilangit dan berputar mengelilingi bumi satu kali putaran 24 jam. Planet 24 jam planet beredar melalui orbit nya sendiri terletak antara bumi dan bintang.
- timbulnya ilmu pengetahuan
semakin sempurnanya teleskop dan semakin meningkat kemampuan berpikir manusia maka perubahan besar atas semua ajaran aristoteles dan ptolomeus yaitu :
Nikolaus ( 473-1543 ) astronom
Yohanes kepler ( 1571-630) hukum kepler
Galileo ( 1564-1642) orang italia.
Langkah-langkah metode ilmiah
- perumasan masalah
- menyusun hipotesis
- pengujian hipotesis
- enarikan kesimpulan
metode ilmiah mempunyai keterbatasan
- tidak sanggup menguji adanya tuhan
- tidak sanggup menguji baik/buruk sistem nlai
marsis-timbulnya komunis
keunggulan-bila menemukan ilmiah
newton-cahaya bukan gelombang tetapi partikel yang berbentuk bola
- pengetahuan untuk kita lebih maju
- pola hidup kita akan berubah
- orang tidak beprasangka tetapi secara positif
- tidak akan percaya pada kesimpulan tanpa ada bukti
- bersifat optimis dan teliti dalam metode
- berani membuat pernyataan benar.
Peranan matematika dalam IPA
ERATHOFENES (240 M)

Bumi
S = 24.000 mil
D = 8.000 mil

Hipparchus ( 150 SM )
Aristarchus
Menghitung jarak matahari bumi
Ahli matematika
Appolonius
Penghitungan garis lengkung
Kepler
Perhitungan jarak bentuk elips
Galileo
Hukum gerak peluru, kecepatan
Huygens
Menghitung teka-teki cincin saturnus dengan bandulan
Ipa yang kualitatif dan kuantitatif
II. pengenalan alam semesta
A, mengenal alam semesta dan tata surya
1. alam semesta
- teori alam semesta
Teori ledaka
Alam suatu benda massa yang sangat besar
Galaxi dalah kumpulan bintang
2. teori axpansi dan kontraksi
Berlangsung selama 30 tahu terjadi reaksi inti
Galaksi dan bintang akan meredup dan unsurnya menyusut dengan memencarkan panas
- teori ebentuk galaksi
- hipotesa foluler
pada 12 ribu tahun tabung gas yang berputar dan ada yang tertinggal dan berkontraksi berbentuk bintang
galaksi ada n3
elips
spiral
tidak beraturan
bima sakti berbentuk spiral dan ada juga cakram
milky way
andromeda 870.000+ C